You are here

Pleno DUPAK Fungsional Wasbitnak 2021

Kegiatan Pleno Dupak Fungsional RIHP lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dilaksanakan di Hotel Margo Depok tanggal 18-21 Agustus 2021. Jabatan fungsional yang dimaksud terdiri dari Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak), Pengawas Mutu Pakan (Wastukan), Medik Veteriner dan Paramedik Veteriner.

Acara dibuka secara resmi oleh Kabag Umum DIrektorat Jenderal Peternakan dan Keseahtan Hewan. Dengan rangkaian aara utama adalah materi Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil, denganNarasumber dari Kementerian MenPAN dan RB dengan materi. Pada materi tersebut dinyatakan bahwa pengangkatan dalam jabatan fungsional dapat melalui empat jalur, yaitu : 1) Inpassing/Penyetaraan (Pengangkatan dlm Jab fung bagi PNS yang Melaksanakan tugas pokok Jabfung pada saat Peraturan ditetapkan), 2) Pengangkatan Pertama (Pengangkatan Untuk Mengisi Lowongan Formasi Melalui CPNS), 3) Pengangkatan perpindahan (pengangkatan yg dilakukan melalui perpindahan dari jp  atau jf  lain ke dalam jab. fung tertentu) dan 4) Promosi (pengisian jabatan fungsional tertentu dilaksanakan atas dasar pengembangan karier dan kebutuhan organisasi yang bersifat strategis).

Acara selanjutnya merupakan kegiatan rapat Pleno Penilaian Dupak fungsional. Pada rapat pleno Wasbitnak ini dihadiri oleh tim penilai dan sekretariat fungsional Wasbitnak area Jabodetabek dan Bandung. Pada hari kedua acara dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dalam arahannya pak Sesdit menugaskan agar dibuat kajian akademik untuk mengakomodir jabatan Utama di fungsional Wasbitnak. Terkait rencana penggabungan fungsional Wasbitnak dan Wastukan agar dikaji lagi nilai positif dan negatifnya karena menyangkut kebiajkan yang luas (nasional). Beliau juga berperan agar lebih digencarkan sosialisasi terkait kewasbitnakan melalaui media sosial.

Di hari ketiga pleno Wasbitnak dihadiri oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak. Dalam arahannya pak Direktur menyampaikan bahwa kita sebagai Wasbitnak jangan sampai lupa bersyukur.  Sebagai seorang Wasbitnak harus bisa menjadi SDM yang tangguh, ulet, tidak mudah mengeluh dan bermanfaat untuk mensejahterakan  peternak. Wasbitnak gives the best. 

Pada periode penilaian ini, dupak yang di plenokan sebanyak 262 dupak dengan rincian:  terampil 23, mahir 37, penyelia 11, pertama 89, muda 82 dan madya 20. Sebagai informasi data base jumlah Wasbitnak yang saat ini sdh terdaftar per 17 Agustus 2021 berjumlah 560 orang yang tersebar di semua provinsi kecuali Papua dan Papua Barat. [HCM/TWR]

© 2015 - Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak - Ditjen Peternakan dan Keswan - Kementerian Pertanian RI
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, Indonesia
Gedung C - Lantai 8 Wing B,Telp: 021-7815781 Fax: 021-7815781
e-mail : bibit@pertanian.go.id | Disclaimer

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer