You are here

Ekspos Data Pemasukan DOC GPS Broiler dan Layer

Salah satu fungsi dari Direktorat Perbibitan Ternak adalah penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang perbibitan ternak. Rekomendasi pemasukan benih dan bibit ternak merupakan suatuprosedur yang harus dipenuhi oleh pihak –pihak yang akan melakukan pemasukan benih/bibit ternak dari luar negeri ke Indonesia. Pemberian rekomendasi dilengkapi dengan persyaratan –persyaratan mutu dan kesehatan bibit ternak tersebut, sehingga tujuan dari  pemasukan bibit ternak yaitu untuk pemenuhan kebutuhan bibit ternak di dalam negeri dan perbaikan kualitas ternak dapat terpenuhi

Dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Pertanian No.51/Permentan/OT.140/9/2011 tentang Rekomendasi Persetujuan Pemasukan dan Pengeluaran Benih dan/atau Bibit Ternak Ke Dalam dan Ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia, maka terhitung mulai tanggal 7 September 2011, proses pemberian Surat Persetujuan Pemasukan (SPP) untuk benih, bibit, dan ternak potong sudah harus mengikuti prosedur seperti tertera pada Permentan tersebut.
 
Penyediaan DOC final stock (FS) ayam ras (pedaging dan petelur) sudah dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri, tetapi bibit Grand Parent Stock (GPS) 100% masih impor yang berasal dari USA, Inggris, Belanda, German dan Prancis. Strain broiler yang dimpor adalah Cobb, Ross, Lohmann dan Hubbard dan strain layer yaitu Isa Brown, Lohmann Brown, Hy-line dan Novogen.

© 2015 - Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak - Ditjen Peternakan dan Keswan - Kementerian Pertanian RI
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, Indonesia
Gedung C - Lantai 8 Wing B,Telp: 021-7815781 Fax: 021-7815781
e-mail : bibit@pertanian.go.id | Disclaimer

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer