You are here

Penguatan Pembibitan Kerbau di Kabupaten Terpilih

Dalam rangka pengembangan pembibitan kerbau maka pada tahun 2014 telah dialokasikan kegiatan Penguatan Pembibitan Kerbau di 7 (tujuh) Kabupaten Terpilih (Ogan Komering Ilir, Lebak, Brebes, Sumbawa, Hulu Sungai Utara, Toraja Utara dan Kutai Kartanegara). Dipilih pada 7 (tujuh) kabupaten ini antara lain berdasarkan perjanjian Samawa serta mempunyai populasi kerbau yang cukup banyak.

Pertemuan Koordinasi Penguatan Kerbau di 7 kabupaten terpilih dilaksanakan pada tanggal  16 – 17 September 2014 di Kabupaten Lebak  yang dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di Provinsi (Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat) serta Kabupaten terpilih,  pakar pendamping masing-masing kabupaten terpilih (Prof. Suhubdy Yasin, Prof. Trijoko Wisnu Murti, Prof.Dr.Ir. Baharudiin Tappa, DR. Chalid Thalib, Drh. Kurnia Achyadi, MS dan Dr.Drh.Dwi Cipto) dan staf lingkup Direktorat Perbibitan Ternak.

Dalam rapat pertemuan disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten bahwa populasi kerbau di provinsi Banten menduduki urutan ke 4 di Indonesia, Berdasarkan hasil sensus PSPK tahun 2011 populasi kerbau di provinsi Banten sebanyak 153.204 ekor dan mengalami penurunan di tahun 2013 menjadi 98.710 ekor. Penurunan tersebut diperkirakan sebagai akibat masih tingginya pemotongan betina produktif, lahan padang pengembalaan dan lahan pertanian menjadi pemukiman dan belum kuatnya fungsi kelembagaan di masyarakat. Serta untuk dapat mempertahankan produksi dan produktifitas kerbau perlu adanya suatu rancangan kedepan dalam bentuk Grand Design dalam rangka pengembangan usaha pembibitan kerbau dengan melibatkan kelompok peternak untuk diaplikasi di lapangan.

Sambutan Direktur Perbibitan Ternak  juga menyampaikan bahwa sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 8 Tahun 2009, benih dan bibit ternak yang beredar harus bersertifikat, penyediaan bibit dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kemampuan SDG lokal dan melibatkan masyarakat. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Kegiatan melalui Direktorat Perbibitan Ternak tahun 2014 telah mengalokasikan kegiatan Penguatan Pembibitan Kerbau di 7 Kabupaten terpilih ini dengan tujuan memfasilitasi saran pembibitan;  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM dalam kegiatan pembibitan; menumbuhkan dan menstimulasi peternak secara individu maupun kelompok peternak dalam menerapkan prinsip-prinsip; serta mendorong wilayah terpilih  sebagai wilayah sumber bibit ternak kerbau.

Pertemuan koordinasi tersebut diakhiri dengan Kontes Ternak Kerbau Tahun 2014 Di Kabupaten Lebak yang dihadiri oleh Bupati Lebak, SKPD Kabupaten Lebak, Aparat pemerintahan seluruh kecamatan serta peserta pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Penguatan Pembibitan Kerbau di Kabupaten Terpilih. Dengan menampilkan kerbau-kerbau pilihan yang terseleksi.

© 2015 - Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak - Ditjen Peternakan dan Keswan - Kementerian Pertanian RI
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, Indonesia
Gedung C - Lantai 8 Wing B,Telp: 021-7815781 Fax: 021-7815781
e-mail : bibit@pertanian.go.id | Disclaimer

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer