You are here

Penguatan Pembibitan Sapi Potong di Kabupaten Terpilih

Bibit merupakan salah satu faktor utama dan strategis yang harus dipenuhi, untuk itu perlu dilakukan pembibitan sapi potong dalam satu kawasan sentra produksi yang selama ini dikelola oleh masyarakat.  Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah dan mutu bibit sapi potong melalui kegiatan pembibitan berdasarkan pertimbangan pembibitan dengan aspek kebijakan,  ketersediaan sumber daya, sosial ekonomi dan teknis. Kebijakan pembibitan sapi potong oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten di daerah sebaran geografis rumpun sapi yang sama, merupakan kebijakan mulia dan perlu mendapat apresiasi dari pemerintah.

Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian telah memfasilitasi pada tahun 2013 melalui kegiatan Pembibitan Sapi Potong di  5 (lima) Kabupaten yaitu : rumpun sapi Bali di Kabupaten Siak Provinsi Riau, Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan; rumpun sapi PO di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung dan kabupaten Kebumen di Jawa Tengah. Dan pada tahun 2014 dialokasikan kegiatan  tersebut menjadi 6 (enam) kabupaten yaitu Kabupaten Pasaman Barat di Sumatera Barat.

Kegiatan Penguatan Pembibitan Sapi Potong di 6 (enam) kabupaten ini bertujuan (a)  memfasilitasi sarana perbibitan; (b) meningkatkan pengetahuan/ketrampilan(kompetensi) SDM pembibit; (c) membentuk dan menguatkan kelompok peternak sebagai kelompok pembibit; (d) menumbuhkan dan menstimulasi peternak secara individu maupun kelompok peternak dalam menerapkan pemurnian dan prinsip-prinsip pembibitan; serta (e) menjadikan kabupaten terpilih sebagai sumber bibit..

Program pembibitan tentunya tidak dapat dilaksanakan dalam waktu sebentar sehingga ini direncanakan akan dilaksanakan secara berkelanjutan (multiyears). Dukungan pendanaan dari Pemerintah pada periode awal kegiatan cukup dominan namun dengan berjalannya waktu dominasi pendanaan berasal dari pemerintah daaerah.

© 2015 - Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak - Ditjen Peternakan dan Keswan - Kementerian Pertanian RI
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, Indonesia
Gedung C - Lantai 8 Wing B,Telp: 021-7815781 Fax: 021-7815781
e-mail : bibit@pertanian.go.id | Disclaimer

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer