You are here

Artikel

Asuransi Ternak Sapi Mengamankan Usaha

Dalam rangka menindaklanjuti Rakortas Bidang pangan di Bukittinggi, Sumatera Barat tanggal 29 Oktober 20113, telah dilakukan pembahasan terkait aspek pembiayaan dengan issu Aksesinilitas pembiayaan pelaku usaha terhadap perbankan dengan sasaran kemudahan dan jaminan oleh perbankan meliputi kegiatan antara lain:  1) advokasi aktivitas pembiayaan KUPS dan KKP-E oelh pelaku usaha dengan target 1.6850 pelaku usaha dan 2) Fasilitas jaminan asuransi ternak dengan target 30.000 ekor sebagai Koordinator Bank Indonesia.

Investasi Perbibitan Ternak

Investasi di sub sektor peternakan baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal  Asing (PMA) selama 6 tahun terakhir berfluktuasi dengan kecenderungan menurun. Kontribusi subsektor peternakan terhadap total investasi di sektor pertanian paling rendah yaitu hanya sebesar 4,6% (2009). Persentase PDB subsektor peternakan juga menurun dari 12,7% (2005) menjadi 12,4% (2009). Kontribusi penyerapan tenaga kerja pada periode yang sama meningkat dari 6,43% menjadi 10,73%.

Ekspos Data Pemasukan DOC GPS Broiler dan Layer

Salah satu fungsi dari Direktorat Perbibitan Ternak adalah penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang perbibitan ternak. Rekomendasi pemasukan benih dan bibit ternak merupakan suatuprosedur yang harus dipenuhi oleh pihak –pihak yang akan melakukan pemasukan benih/bibit ternak dari luar negeri ke Indonesia. Pemberian rekomendasi dilengkapi dengan persyaratan –persyaratan mutu dan kesehatan bibit ternak tersebut, sehingga tujuan dari  pemasukan bibit ternak yaitu untuk pemenuhan kebutuhan bibit ternak di dalam negeri dan perbaikan kualitas ternak dapat terpenuhi

Prospek Usaha Pembibitan Sapi

Kegiatan usaha peternakan sapi potong dapat dikelompokkan ke dalam beberapa aktivitas yang saling terkait, yaitu:

© 2015 - Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak - Ditjen Peternakan dan Keswan - Kementerian Pertanian RI
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan-Jakarta 12550, Indonesia
Gedung C - Lantai 8 Wing B,Telp: 021-7815781 Fax: 021-7815781
e-mail : bibit@pertanian.go.id | Disclaimer

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer